• Breaking News

    8 Kelebihan motor jadul dibandingkan motor jaman sekarang

    5 Kelebihan motor jadul dibandingkan motor jaman sekarang
    Salam sobat, apa yang ada di benak kalian ketika melihat orang memakai motor jaman dulu? Pasti anda berpendapat "Aaah... masih ada ya yang mau make motor rongsokan gitu". Yah, pendapat anda tidak salah. Apa yang bisa dibanggakan dari motor tempo dulu? Gebetan anda mungkin akan merasa malu ketika anda menjemputnya dengan motor tua. Tapi bagaimanapun juga, motor jadul tetap memiliki kelebihan dibanding motor jaman sekarang. 



    Memang benar motor jadul mempunyai banyak kekurangan dibandingkan motor jaman sekarang. Anda tidak akan melihat motor jadul melaju kencang layaknya motor-motor  masa kini. Memiliki Motor jadul juga cukup merepotkan karena harus bolak-balik masuk bengkel, maklum mesin tua. dari segi body pun kalah jauh. Motor sakarang mempunyai beragam bentuk body yang sudah modern sedangkan motor jadul, banyak beranggapan bodynya sudah kuno. Motor jaman sekarang juga lebih nyaman digunakan. Selain itu harganya pun cukup terjangkau. Kalau tidak mampu untuk membeli secara cash, banyak dealer yang memberi layanan kredit sehingga bisa dicicil tiap bulan. 

    Jadi kenapa masih ada saja orang yang mencari motor jadul? Jawabannya sederhana, setiap orang mempunyai selera masing-masing.  Anda tidak bisa menyalahkan selera orang lain yang hobi mengoleksi barang antik. Salah satunya motor jadul. Motor yang mungkin sudah ada sebelum anda lahir ini bagi sebagian orang bukan hanya sekedar motor tua, namun motor ini memiliki beribu kenangan yang mungkin tidak bisa diganti dengan apapun. Ada orang yang memang berniat membeli motor jadul untuk keperluan sehari-hari. Tetapi banyak orang kaya yang rela menggelontorkan uangnya demi mendapatkan motor jadul yang berharga cukup mahal. Di Indonesia, anda bisa menemukan begitu banyak komunitas-komunitas motor jadul yang sering melakukan touring masuk keluar daerah. Bentuknya pun sudah bervariasi. Ada motor yang masih seperti bentuk aslinya, namun ada juga motor yang telah dimodifikasi oleh pemiliknya sesuai dengan kreatifitas individu masing-masing.

    Satu sisi motor jadul memang mempunyai banyak kekurangan dibandingkan motor jaman sekarang. Namun, disisi lain ternyata motor jadul memiliki kelebihan yang sulit anda temukan pada motor jaman sekarang. Berikut ini saya uraikan 5 Kelebihan motor jadul dibandingkan motor jaman sekarang :

    1. Tahan banting


    5 Kelebihan motor jadul dibandingkan motor jaman sekarang
    www.kwikku.com
    Apa yang anda lihat pada motor jadul? Motor jadul termasuk motor yang tahan banting. Bagaimana tidak, hampir seluruh bagian pada motor jadul ini terbuat dari besi yang kuat. Pengecualian mungkin hanya pada ban dan beberapa bagian kecil yang dibuat selain dari besi. Sementara motor jaman sekarang sudah seperti motor plastik karena sebagian besar bodynya terbuat dari plastik. Besi hanya digunakan pada bagian rangka dan mesin saja. Motor sekarang juga tak tahan lama jika anda tak pandai untuk merawatnya. Tabrakan sedikit saja bisa bikin body motor lecet dan pecah.

    Bagaimana dengan motor jadul? Tak usah ditanya, motor yang telah berumur 20-30 tahun tetapi masih tetap eksis melintas dijalanan. Ketahanannya boleh di acungi jempol. Komunitas motor klasik sering melakukan perjalanan jauh dari daerah satu ke daerah lain membuktikan bahwa motor jadul memang tahan banting.

    2. Memiliki seni yang tinggi

    Apa yang orang pikirkan saat melihat anda memakai honda CB di pusat keramaian kota. Sudah pasti anda akan menjadi pusat perhatian. Apalagi kalau motor CB yang anda tunggangi sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga akan terkesan antik dan unik. Sebagian akan berpendapat bahwa anda orang kuno. Sementara yang lain akan berpendapat bahwa anda seorang yang mempunyai jiwa seni tinggi. 


    3. Tabungan masa depan

    Ada sebuah semboyan yang mengatakan bahwa tua tua keladi, makin tua makin jadi. Begitu juga dengan motor jadul yang makin tua malah makin mahal. Anda tidak percaya? Anda bisa membuktikan dengan bertanya pada penggemar motor-motor klasik. Bayangkan saja, motor CB yang diproduksi tahun 80an jika dijual pada tahun sekarang harganya bisa mencapai 5 juta rupiah lebih. Jika spare part motor masih utuh dan motor sudah dimodifikasi sedemikian rupa harganya bisa mencapai 60 juta rupiah. Kenapa bisa semahal itu? Seperti yang saya jelaskan diatas, setiap orang memiliki selera masing-masing. Seorang kolektor motor antik akan membayar berapa saja untuk motor yang ia sukai. 

    Itulah motor jadul yang sering dikesampingkan orang. Jika anda memiliki motor jadul yang anda beli dengan harga 5 juta rupiah, mungkin 5 sampai 10 tahun mendatang anda akan mendapat tiga sampai empat kali lipat saat menjualnya. Anggap saja bahwa motor jadul anda merupakan tabungan dimasa depan. Tentunya jika anda merawat motor dengan baik. 

    Berbanding terbalik dengan motor jaman sekarang, coba anda jual motor yang baru 2 tahun anda beli. Pasti harganya akan turun drastis. Sementara motor jadul, makin lama umurnya malah makin mahal harganya.

    4. Bisa dimodifikasi menjadi lebih keren dan kencang


    5 Kelebihan motor jadul dibandingkan motor jaman sekarang
    motorek.wordpress.com
    Anda pernah melihat komunitas vespa di Indonesia? Jika belum anda wajib melihatnya. Anda akan terkagum-kagum melihat modifikasi yang sangat kreatif dari anak-anak penggemar motor vespa. Ada motor vespa yang panjangnya dimodifikasi sampai sepuluh meter. ada juga motor vespa yang disulap seperti motor herlay dan masih banyak modifikasi kreatif lainnya yang sering dilakukan oleh para penggemar motor jadul. Mungkin mereka beranggapan bahwa motor boleh jadul, namun penampilannya tetap harus keren dan yang pasti lain dari pada yang lain.

    Selain bodi motor yang bisa dimodifikasi, mesin motor pun bisa dibuat selayaknya mesin motor jaman sekarang. Dengan bantuan mekanik-mekanik ahli motor jadul, motor jadul bisa di buat melaju sekencang motor sekarang. 

    5. Lebih ekonomis

    Di tengah maraknya kenaikan BBM yang semakin melambung tinggi, motor jadul bisa menjadi alternatif terbaik bagi sebagian orang yang kurang secara finansial. Motor jadul terkenal sangat irit jika dibandingkan dengan motor jaman sekarang. Kapasitas mesin jadul yang kecil membuat motor jadul tidak akan boros bensin. Walaupun resikonya anda akan melaju kencang, namun secara finansial, akan lebih ekonomis.

    6. Aman aksi pencurian

    Siapa orang yang mau mencuri motor jadul? Mungkin tidak ada kecuali memang sudah tidak ada lagi motor jaman sekarang yang bisa di curi. Namun sekali lagi pencuri motor akan berfikir dua kali untuk mencuri motor jadul. kenapa? Selain karena motor jadul lajunya pelan sehingga akan mudah dikejar jika ketahuan, pencuri motor akan susah untuk menjual motor jadul secara cepat karena tidak semua orang berminat dengan motor tua. 

    Motor jadul hasil curian pun pasti mudah dikenali oleh pemiliknya. Jika pemilik motor bergabung dengan komunitas, maka motor yang dibawa si pencuri akan dengan mudah dikenali oleh teman-teman komunitas karena sudah pasti motor jadul punya keunikan tersendiri dibandingkan motor lain.

    7. Bebas tilang

    Bagi pengguna motor jadul, razia polisi tidak akan terlalu memusingkan mereka walaupun pajak mati atau memang tidak ada surat sama sekali. Selain karena polisi malas untuk memeriksa motor jadul, seandainya kena tilangpun biaya pajak termasuk kecil sehingga tidak akan terlalu memberatkan pengguna motor jadul. Beda halnya dengan motor jaman sekarang. Biaya pajak motor sangat mahal sehingga ketika ada razia polisi, bagi yang merasa kelengkapannya kurang pasti lebih memilih untuk kabur.

    8. Mengurangi rasio kecelakaan

    Sekarang ini banyak sekali terjadi kecelakaan di jalan raya. Kecelakaan yang terjadi biasa disebabkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Mengendarai sambil mengantuk atau melaju dengan kecepatan tinggi. Motor sekarang memang banyak didesain sehingga dapat melaju sangat kencang. Jika digunakan oleh orang yang belum terlalu pandai maka rasio kecelakaan bisa bertambah. 

    Motor jadul mungkin dianggap sebagai motor tua yang jalannya pelan. Namun jika diteliti, jarang ada kecelakaan yang melibatkan motor jadul. Mengendarai motor secara pelan akan mengurangi rasio kecelakaan tentunya. 

    Cukup menegsankan bukan tentang kelebihan motor jadul dibandingkan motor jaman sekarang. Semua benda pasti ada kekurangan dan kelebihannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.


    26 komentar:

    1. bener banget gan , saya setuju sama kelebihan motor jadul dibandingan dengan motor sekarang , nice dahh ..

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bener banget gan, motor ane juga tua keluaran taun 96, Tapi Motor ane Honda NSR, yang kata orang sekarang motor paling cepet pada jaman dia diluncurkan.

        Hapus
      2. weh mantep tu mas udah mulai langka motor itu

        Hapus
    2. Pake motor jadul percaya diri motorku tahun 56

      BalasHapus
    3. Lebih baik naik vespa......

      BalasHapus
    4. Jadul adalah seni dan selera sing pengendara asal hati senang akan terasa nikmat mengendarai

      BalasHapus
    5. Motor Jadul adalah seni dan selera sing pengendara asal hati senang akan terasa nikmat mengendarainya

      BalasHapus
    6. Motor Jadul adalah seni dan selera sing pengendara asal hati senang akan terasa nikmat mengendarainya

      BalasHapus
    7. hahaha saya senang baca artikel ini lucu unik,,dan hampir terharu jugak,,hampir nangis baca'a,,
      saya juga punya kuda besia tua,honda cap 70 yg saya beri nama VOC krn wrna'a yg serba hitam dan gahar,,mujur'a wktu ketika razia saya sperti orang yg gak dianggap sama pak polisi,, lewat begitu saja,,wkwkwkw

      BalasHapus
      Balasan
      1. hehehehhe... gimana mau dianggap mas kalo kena tilang paling bayar gak sampe 10rbu makanya mereka mlz tp itulah keuntungan kita

        Hapus
    8. makasih agan-agan atas komentar positifnya.. memang benar motor jadul itu seni dan antik. semakin kita rawat harganya malah bisa ngalahin motor sekarang. dan motor jadul sangat cocok bagi kita yang berkantong kering karena irit serta tidak pusing untuk bayar pajak. Bener kata agan Aldriie kalo polisi aja ogah buat nilang.

      BalasHapus
    9. Om minta saran dong,kemarin gw habis di tilang ama polisi,gara" motor ane pajakx udah mati + BPKB udh nggak ada
      Minta solusix om om sekalian,,motor ane honda GL PRO tahun 96

      BalasHapus
      Balasan
      1. waduh susah juga kalo bpkb gak ada mas rizky... tp kalo bpkb ilang mas bisa minta surat keterangan dari kepolisian mas

        Hapus
    10. Dijual Motor Antik NSU 1899

      Kondisi motor msh bs nyala mesin nya
      Tinggal gowes lalu dan nyala
      95% msh ori
      Khusus Colector yg hobby
      Jual Santai, silakan dinego sampai jd
      motor siap di antr sampe rmh pembeli

      Pas Buat Pajangan Cafe atau Distro atau
      minat hub 081218417176

      BalasHapus
    11. Bajaj pasti lebih kuat... ane punya bajaj super 79 dan vespa vba 64 gak pernah kena tilang..., terutama di tmii

      BalasHapus
    12. Bajaj pasti lebih kuat..., ane punya bajaj super tahun 1978 ga pernah ditilang ,, terutama di tmii

      BalasHapus
    13. waduh hobijg samamotor tua ya mas vaaan

      BalasHapus

    Fashion

    Beauty

    Travel