• Breaking News

    Ini dia sungai terpanjang di Indonesia

    Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Sungai yang juga disebut sungai Batang Lawai berada di wilayah provinsi Kalimantan Barat dengan panjang 1.143 km. Sungai ini mengalir dari hulu yang berada di kabupaten Melawi dan berakhir di kota Pontianak. Sungai ini dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lainnya karena saking panjangnya.

    Terdapat ratusan jenis ikan air tawar yang hidup di sungai ini. Walaupun sungai ini berwarna coklat, namun sungai ini tidak pernah kering sepanjang musim. Penduduk disekitar bantaran sungai kapuas menjadikan sungai ini sebagai sumber kehidupan bagi mereka. Khususnya suku asli daerah Kalimantan Barat, Dayak dan Melayu. Anda akan menemukan orang-orang dipinggir sungai melakukan kegiatan keseharian mereka seperti mandi dan mencuci. Anda juga akan melihat banyak nelayan dengan perahu-perahu kecil menangkap ikan secara tradisional untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada juga beberapa kapal barang yang berlalu lalang melewati sungai ini. Tidak jarang, beberapa orang berbaris ditepi sungai hanya untuk sekedar menyalurkan hobi memancing. Ikan di sungai ini seperti tidak ada habis-habisnya walaupun setiap hari ditangkap.  

    Di kota Pontianak, yang merupakan hilir sungai ini, beberapa daerah di tepi sungai akan mengalami banjir setinggi lutut ketika air sungai pasang. Ada beberapa fasilitas di kota ini jika anda ingin menikmati indahnya sungai Kapuas. Anda bisa menggunakan perahu yang didesain khusus untuk para wisatawan sehingga dapat menikmati indahnya sungai terpanjang di Indonesia ini. Hanya dengan membayar lima belas ribu rupiah saja, anda sudah bisa menaiki kapal wisata ini. Ketika malam tiba, lampu-lampu kota semakin memperindah sungai Kapuas. 

    Layaknya sungai besar lainnya, Sungai Kapuas tidak luput dari cerita-cerita mitos. Sungai yang membelah kota Pontianak dan merupakan simbol bagi provinsi Kalimantan Barat ini menurut beberapa sumber, terdapat penunggu sungai berwujud ular sangat besar yang mendiami dasar sungai Kapuas. Sebuah foto yang diambil dari helikopter mengabadikan betapa besarnya ular tersebut. Namun hingga kini masih menjadi perdebatan tentang keaslian foto  itu.

    Tentang benar atau tidaknya cerita tersebut, sungai Kapuas tetaplah menjadi sumber kehidupan yang nyata bagi masyarakat Kalimantan Barat yang harus dilestarikan dan dijaga agar tidak tercemar. 


    1 komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel