• Breaking News

    10 Tanda kehamilan yang perlu anda ketahui

    Kehamilan pada seorang wanita adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Kecuali bagi pasangan yang ingin menunda untuk punya momongan terlebih dahulu karena pekerjaan atau alasan lain. Kebanyakan pasangan yang baru menikah ingin langsung mempunyai anak karena dengan kehadiran buah hati akan semakin menambah kebahagiaan keluarga. Selain itu,

    kehamilan juga menandakan bahwa pasangan memang subur dan tidak ada masalah kesehatan.

    Kebanyakan pasangan suami istri yang baru menikah belum mengetahui tanda-tanda kehamilan. Telat datang bulan serta mual dan muntah menjadi patokan umum bagi sebagian pasangan yang masih awam tentang masalah kehamilan. Padahal telat datang bulan bukan hanya disebabkan oleh kehamilan. Pola makan yang tidak teratur, stres, dan kecapaian yang biasa di alami wanita juga bisa menyebabkan terlambatnya menstruasi. Sementara itu mual-mual bisa disebabkan karena masuk angin. Sehingga beberapa pasangan memilih untuk memeriksakan ke dokter atau membeli tes pack untuk mengetes kehamilan dan ternyata hasilnya masih negatif.

    Pasangan suami istri perlu untuk mengetahui beberapa tanda kehamilan yang bisa diketahui selain terlambat datang bulan maupun mual dan muntah. Namun, tanda-tanda ini bukanlah tanda kehamilan pasti. Jadi, seorang wanitayang mengalami tanda-tanda dibawah ini belum tentu benar-benar hamil.

    Nah, ini Beberapa tanda-tanda kehamilan yang perlu diketahui :

    1. Mual dan muntah

    Mual dan muntah adalah tanda kehamilan yang paling umum. Rasa mual dan muntah disebabkan oleh peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Tanda kehamilan yang satu ini biasa terjadi pada pagi hari yang sering disebut morning sickness. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi sepanjang hari. Sebagian besar gejala mual dan muntah akan hilang begitu memasuki trimester kedua. Tapi tidak sedikit yang tetap mengalami mual dan muntah selama masa kehamilan.

    2. Terlambat datang bulan

    Terlambat datang bulan/haid merupakan tanda umum lainnya bagi wanita yang sedang hamil. Namun tidak semua wanita yang terlambat haid dipastikan hamil karena siklus menstruasi wanita berbeda-beda. Ada yang datangnya tepat dan ada pula yang datangnya terlambat. Hal ini mungkin disebabkan karena stres, pola makan, diet, olahraga berat atau kelelahan. Bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi teratur, telat datang bulan bisa menjadi tanda-tanda kehamilan sehingga penting bagi wanita untuk mengetahui  siklus haid mereka.

    3. Perubahan bentuk payudara

    Seorang wanita akan mengalami perubahan bentuk pada payudaranya saat sedang hamil. Payudara akan sedikit membesar dan lebih sensitif ketika tak sengaja tersentuh. Payudara juga akan terasa lembut ketika diraba dan terkadang akan terasa gatal di puting dan sekitar payudara. Hal ini disebabkan meningkatnya hormon pada tubuh wanita. Perubahan ini dialami karena untuk mempersiapkan produksi asi yang kelak akan dikonsumsi bayi sebelum mengonsumsi makanan lain.

    4. Muncul bercak darah

    Munculnya bercak darah biasanya diartikan sebagai awal menstruasi. Namun bisa jadi itu salah satu tanda-tanda kehamilan. Seorang wanita akan mengalami pendarahan implantasi (implantation bleeding) karena proses menempelnya embrio pada dinding rahim.

    5. Kram perut

    Terjadinya kram perut sama seperti penyebab munculnya bercak darah. Penempelan/proses implantasi calon janin ini merupakan hal baru bagi rahim seorang wanita sehingga akan terasa sakit perut. Kondisi ini akan dialami sampai trimester kedua.

    6. Sering buang air kecil

    Tanda kehamilan berikutnya ialah seorang wanita hamil akan merasa selalu ingin kencing. Itu terjadi karena kandung kemih tertekan oleh tumbuhnya janin sehingga lebih cepat dipenuhi oleh urine dan membuat rasa ingin buang air kecil menjadi lebih sering. Selain itu juga diakibatkan karena meningkatnya sirkulasi darah. 

    7. Sering pusing dan mudah mengantuk

    Rasa pusing disebabkan oleh gejala mual dan muntah sehingga terkadang wanita hamil sulit untuk mengonsumsi makan seperti biasanya. Penyebab lainnya adalah perasaan stres dan tekanan darah yang rendah. Selain itu rasa lelah akan membuat wanita hamil mudah mengantuk dan memang wanita hamil dianjurkan untuk lebih banyak beristirahat.

    8. Meningkatnya temperatur basal tubuh

    Tanda kehamilan berikutnya adalah meningkatnya suhu basal tubuh bagi wanita hamil. Kondisi ini akan berlangsung selama kehamilan.

    9. Sering meludah

    Perubahan hormon estrogen menyebabkan wanita hamil akan lebih sering meludah. Hal ini aka terjadi selama trimester pertama. Namun, bukan tidak mungkin beberapa wanita hamil akan mengalaminya juga di trimester kedua.

    10. Lebih sensitif terhadap bau

    Lebih sensitif terhadap bau-bau tertentu adalah tanda-tanda kehamilan yang sebagian wanita hamil. Dari bau-bau menyengat seperti bawang putih sampai bau parfum suami akan membuat wanita hamil menutup hidung karena tidak tahan terhadap bau tersebut. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh.

    Nah, itu beberapa tanda kehamilan yang biasa di alami oleh wanita hamil. Namun, tidak semua wanita akan mengalami seperti tanda-tanda yang saya sampaikan. Tanda-tanda kehamilan diatas bisa saja dialami semuanya oleh sebagian wanita hamil tapi ada juga yang cuma mengalami sebagian dari tanda-tanda diatas. Agar lebih yakin, memeriksakan kehamilan ke dokter atau bidan akan lebih akurat. Jika masih ragu untu periksa, menggunakan test pack sendiri dirumah bisa menjadi solusi yang tepat.

    Semoga bermanfaat.




    1 komentar:

    1. ouh begitu ya gan tanda2nya , terimakasih untuk informasinya gan ..

      BalasHapus

    Fashion

    Beauty

    Travel