• Breaking News

    Hati-hati ! Kenalilah 5 sifat orang yang suka berhutang

    Hati-hati ! Kenalilah 5 sifat orang yang suka berhutang
    Salam sobat, semua orang didunia ini butuh makan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu bekerja menjadi hal wajib yang harus anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan. Ketika penghasilan anda sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, anda akan berfikir untuk menambah penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan lain seperti memiliki sebuah rumah dan mengisinya dengan perabotan, membeli kendaraan untuk memudahkan transportasi atau membeli barang-barang yang anda sukai untuk sekedar menyalurkan hobi.

    Namun tidak semua orang berfikiran seperti anda. Masih banyak orang diluar sana yang berfikiran dangkal dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seringkali mereka memenuhi kebutuhan hidup atau membeli barang yang dia inginkan melalui jalan pintas. misalnya meminjam dengan teman atau berhutang ke bank. Orang-orang seperti ini biasanya menganggap dengan berhutang maka masalah kebutuhan hidupnya akan terselesaikan. 

    Sah saja bagi mereka yang bisa membayar hutangnya tepat waktu sehingga orang yang dihutanginya tidak kapok untuk memberikan pinjaman lagi. Tapi ada saja sifat orang yang sebenarnya sudah punya uang untuk membayar utangnya, namun enggan membayar. Malah digunakan untuk membelanjakan kebutuhan lain. Menunda dalam membayar hutang akan membuat mereka menambah hutangnya lagi. Istilah kerennya gali lobang tutup lobang. Hhhmmmm... Meresahkan bukan jika anda menemui orang-orang yang bersifat seperti ini.

    Nah, saya akan membantu anda untuk mengetahui sifat orang yang suka berhutang. Sehingga anda akan lebih waspada dalam meminjamkan uang pada orang lain. Ketika anda mempunyai kerabat, teman atau orang yang baru dikenal, Kenalilah 5 sifat orang yang suka berhutang berikut ini :

    1. Orang yang tak pernah merasa puas

    Sifat orang didunia ini tentu berbeda-beda. Salah satunya orang yang tak pernah merasa puas. Maksudnya disini adalah orang yang selalu ingin dibilang "wah" oleh orang lain. Orang ini tak pernah merasa puas dengan apa yang dimiliki sehingga ketika ada teman atau tetangga membeli barang baru, dia seakan tak mau kalah dan harus memiliki barang tersebut. orang ini merasa bahwa apa yang dia miliki adalah versi lama atau jadul dan harus segera diganti.

    Contohnya saja, ketika temennya Paijo membeli sebuah Handpone keluaran terbaru dan Paijo mengetahuinya. maka si Paijo seakan tidak merasa puas dan harus membeli Handpone yang sama seperti milik temennya tersebut. Padahal kalau dipikir, Handpone punya Paijo masih bagus dan baru dibeli 5 bulan lalu.  

    Bagi orang yang tak pernah merasa puas dengan apa yang telah dimiliki, tentu akan membuatnya selalu merasa iri hati dengan apa yang dimiliki orang lain. Ketika dia tidak memiliki uang untuk membeli, solusi terbaik baginya adalah berhutang agar keinginannya terpenuhi.

    2. Orang yang hanya selalu berangan-angan

    Hidup didunia ini harus berdasarkan realitas. ada sebagian orang yang bekerja tanpa harus keluar keringat banyak namun bisa membeli apa yang dia inginkan seperti rumah dan mobil  mewah. Tetapi ada juga orang yang hidup dengan cucuran keringat setiap hari hanya untuk mendapatkan sesuap nasi.

    Akan tetapi ada juga orang yang hidup hanya berdasarkan angan-angan saja. Dia hanya memandang ke atas dan berangan-angan bisa menjadi orang kaya. Dia tak pernah mengetahui perjuangan orang yang harus dilalui untuk bisa mencapai level tersebut. Karena angannya yang begitu kuat untuk memiliki sesuatu tetapi tidak bisa bersikap realistis, maka berhutang akan menjadi solusi untuk memenuhi angan-angan yang dia impikan.

    3. Hobi membeli barang yang tidak dibutuhkan

    Ada-ada saja orang yang suka membelanjakan uangnya hanya untuk membeli barang-barang mahal. Barang yang dia beli sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan namun ketika ditanya, dia hanya menjawab bahwa membeli barang untuk menyalurkan hobi. 

    Sebenarnya tidak akan menjadi masalah jika bisa membeli barang dengan uang penghasilan sendiri, akan tetapi memaksakan diri membeli barang yang tidak diperlukan akan menyebabkan terbiasa berhutang loh. Karena terbiasa menyalurkan hobi membeli barang maka ketika tidak ada uang untuk membeli, hutang menjadi jalan pintas bagi sebagian orang tersebut

    Ada baiknya untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan sehingga bisa menyimpan sisa penghasilan untuk membeli kebutuhan yang lebih penting.

    4. Tidak memiliki tabungan

    Memiliki tabungan dirumah atau di bank menjadi langkah penting untuk masa depan. Bagi orang yang tak banyak memiliki simpanan uang atau tabungan akan membuat orang suka menghutang sama orang lain. 

    Hidup ini tak sekedar hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, akan ada masalah lain yang singgah di kehidupan secara tiba-iba seperti masuk rumah sakit, mengalami kecelakaan, atau musibah lain yang datangnya mendadak. Karena sudah tak memiliki tabungan, akhirnya berhutang menjadi hal yang harus dilakukan.

    Memiliki tabungan dengan menyisakan pendapatan akan menjadi pilihan yang bagus guna mencegah agar tidak berhutang kepada orang lain.

    5. Tidak mempunyai rencana anggaran

    Mempunyai rencana anggaran tidak hanya diperuntukkan bagi seorang pedagang atau sebuah perusahaan. Banyak kasus yang biasa dialami orang yang suka berhutang adalah tidak bisa mengatur antara pendapatan yang diperoleh dengan biaya pengeluaran sehingga akan merasa selalu kurang. 

    Sebaiknya memiliki rencana anggaran pendapatan dan pengeluaran akan dapat membantu dalam mengatur setiap kebutuhan sehari-hari. Sehingga biaya kebutuhan akan lebih terencana dan tidak lagi berhutang pada orang lain.

    Nah, itulh 5 sifat orang yang suka berhutang yang perlu anda kenali. Dengan mengenali sifat orang tersebut, tentu akan membuat anda lebih berhati-hati lagi karena bagaimanapun juga mengatur pendapatan dan membelanjakan sesuatu yang dibutuhkan saja akan terhindar dari masalah berhutang pada orang lain.


    4 komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel