• Breaking News

    Cara menghilangkan jerawat secara alami

    Jerawat sudah menjadi momok bagi siapa saja. Penyakit ini tidak mengenal umur dan kasta. Dari remaja sampai yang sudah mau punya cucu. Dari rakyat biasa, pengusaha, pejabat, dan artis yang notabene adalah publik figurpun didatangi oleh penyakit satu ini. Sungguh menyebalkan bukan?  Seorang peneliti penyakit jerawat ternama berpendapat bahwa tidak ada satu orangpun di dunia ini yang tidak mengalami jerawat semasa hidupnya.


    Anda mungkin bertanya, apa sih sebenarnya jerawat itu? Jerawat ialah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat yang menimbulkan kantung nanah meradang. Terus faktor apa saja yang menyebabkan timbulnya jerawat? Penyebab utama jerawat adalah akibat dari produksi kelenjar minyak berlebih sehingga menyumbat saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Fakor lain yang dapat menimbulkan jerawat umumnya karena perubahan hormonal yang dapat memicu timbulnya jerawat seperti datang bulan pada wanita, masa kehamilan, Penggunaan pil KB, masa puber dan stres. Bakteri, jenis kulit, salah dalam pemakaian kosmetik,  obat-obatan, bahkan faktor keturunan juga bisa menimbulkan jerawat.

    Beberapa makanan yang biasa anda konsumsi juga bisa jadi penyebab jerawat tumbuh seperti makanan yang bnyak mengandung lemak, makanan berkabohidarat tinggi, mi instan, gorengan, kue manis, santan, kacang-kacangan, udang, kepiting, susu full cream dan lainnya. Beberapa jerawat yang sudah dikenal antara lain komedo, jerawat biasa dan jerawat batu.

    Cara yang paling baik untuk mencegah timbulnya jerawat adalah menerapkan pola hidup sehat. Berolahraga secara rutin akan membuat tubuh dalam kondisi prima. Selain itu akan mengeluarkan racun-racun di dalam tubuh. memperbanyak minum air putih, memperbanyak makan buah dan sayur, kurangi merokok, rajin membersihkan muka sebelum dan sesudah bangun tidur dan saat selesai berpergian keluar rumah.

    Jerawat dibagi kedalam tiga kategori diantaranya komedo, jerawat biasa dan jerawat batu. Yang terakhir ini merupakan jenis jerawat yang susah di obati secara medis maupun tradisional.  Bagi anda yang dari kalangan atas mungkin akan mudah mengatasi ketika jerawat menghampiri. Mereka tinggal pergi ke salon kecantikan atau dokter untuk mengadu masalah jerawat. Tapi bagi anda yang uang sekolah/gaji saja masih pas-pasan pergi ketempat seperti itu akan membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong.

    Nah, disini saya ingin membagikan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Tentunya tidak gratis tis. Anda tetap harus mengeluarkan uang untuk membeli bahan yang akan digunakan untuk menghilangkan jerawat. Tapi anda nggak usah khawatir karena bahan-bahan yeng di gunakan relatif murah dan mudah didapatkan. Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan antara lain:

    1. Lemon dan jeruk nipis

    Lemon dan jeruk nipis mengandung citric acid yang berfungsi menghilangkan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat. Anda bisa menggunakannya pada malam hari sebelum anda tidur. 
    1. Iris dan peraslah lemon atau jeruk nipis. 
    2. Oleskan perasan lemon atau jeruk nipis ke wajah.
    3. Diamkan selama 10-15 menit.
    4. Bilas wajah dengan air dingin.
    Anda bisa membuktikan hasilnya setelah melakukannya secara rutin selama satu bulan. Wajah akan terbebas dari jerawat dan terlihat lebih bersih

    2. Putih telur

    Pakar kecantikan sering menggunakan putih telur untuk mengencangkan kulit terutama wajah. Bahan tradisional ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat karena dapat mengurangi minyak di wajah. Coba lakukan langkah sebagai ini.
    1. Bersihkan wajah dengan air hangat dan usaplah dengan handuk hingga kering.
    2. Ambil satu butir telur kemudian pisahkan kuning dan putih telur.
    3. Gunakan putih telur sebagai masker wajah.
    4. Diamkan selama 10-15 menit.
    5. Bilas wajah dengan air dingin.
    Lakukanlah terapi ini 2-3 kali dalam seminggu secara rutin Anda akan merasakan hasilnya setelah anda konsisten selama satu bulan. Wajah akan terhindar dari jerawat dan kulit wajah terasa kencang.

    3. Lidah buaya

    Lidah buaya mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Selain bisa untuk menghilangkan jerawat, tumbuhan ini juga digunakan untuk menyembuhkan luka luar, sebagai nutrisi rambut serta dapat juga untuk dikonsumsi. Ini cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat.
    1. Ambil satu helai daun lidah buaya kemudian kupas kulit luarnya untuk diambil jelnya.
    2. Bersihkan wajah dengan air hangat sebelum menggunakan jel lidah buaya tersebut.
    3. Oleskan jel lidah buaya secara merata di wajah.
    4. Diamkan selama 10-15 menit. 
    5. Bersihkan wajah menggunakan air dingin.
    Lakukan cara ini 3 kali dalam satu minggu dan anda bisa melihat hasilnya. Jerawat yang menyusahkan akan hilang dan wajah menjadi lebih halus.

    4. Madu


    Kasiat madu sudah di kenal sejak jaman dahulu. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari madu misalnya sebagai sumber energi,, penyembuh luka, untuk antibiotik dan membunuh kuman, antioksidan, obat awt muda dan masih banyak kegunaannya. Namun yang akan dibahas disini adalah madu untuk menghilangkan jerawat. begini caranya
    1. Ambil satu sendok madu murni (bukan yang palsu yang sering dijual murah ditoko)
    2. Oleskan pada wajah secara merata.
    3. Diamkan selama 10-15 menit. 
    4. Bilas wajah dengan air dingin.
    Cara ini bisa dilakukan rutin 2 atau 3 kali seminggu sebelum tidur. Anda akan merasakan jerawat mulai tidak betah bertengger diwajah dan anda akan merasa lebih muda.

    5. Tomat

    Sebagian orang menganggap tomat adalah jenis buah-buahan. Sebagian yang lain menyebutnya jenis sayuran. Apapun itu yang jelas tomat kaya akan vitamin A dan C yang dibutuhkan wajah untuk mengusir jerawat. cara menghilangkan jerawat dengan tomat sedikit berbeda dengan langkah diatas.
    1. Ambil tomat kemudian potong bulat menjadi beberapa bagian
    2. Tempelkan potongan tomat diatas wajah merata sampai hidung karena tomat juga bisa menghilangkan komedo.
    3. Diamkan selama 10-15 menit. 
    4. Bilas wajah dengan air dingin.
    Lakukan secara konsisten 3 kali seminggu sebelum tidur. Mudah-mudahan jerawat hilang dan anda merasa tenang.

    6. Bawang putih

    Sebenarnya cukup ekstrim menggunakan bawang putih sebagai obat penghilang jerawat. Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk memasak. Namun tahukah anda, bawang putih mengandung zat yang dapat membunuh bakteri. caranya pun cukup sederhana.

    1. Kupas bawang putih kemudian iris tipis atau ditumbuk.
    2. Tempelkan irisan atau tumbukan bawang putih ke wajah.
    3. Diamkan selama 10-15 menit
    4. Bersihkan wajah dengan air dingin
    Cukup anda lakukan 2 kali seminggu secara rutin. Jika tidak suka baunya yang menyengat, anda bisa menggunakan bahan lain.

    Sebenarnya masih banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat seperti pasta gigi, tomat, parutan jagung, pepaya, alpukat dan masih banyak bahan-bahan alami lainnya. 
    Nah itu beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa anda praktekan tanpa harus menguras kantong. Cukup pergi ke pasar untuk mendapatkan bahan-bahan tersebut. Semoga artikel ini bisa membantu anda memecahkan solusi masalah jerawat.

    Terima kasih





    6 komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel