• Breaking News

    Harimau: Spesies kucing terbesar yang hampir punah

    Harimau adalah hewan yang termasuk dalam keluarga felidae atau kucing. Dalam bahasa latin di sebut Panthera trigis. Merupakan sejenis hewan mamalia yang bertulang belakang serta pemakan daging (karnivora). Harimau adalah kucing terbesar yang berukuran seperti singa namun sedikit lebih berat. Umumnya harimau jantan memiliki berat 180 sampai 320 kg dan panjang 2,6-3,3 meter. Sementara harimau betina sekitar 120 sampai 180 kg dan panjang 2,75 meter.

    Ciri-ciri harimau ialah corak belang hitam,  putih dan kuning kejinggaan. Pola loreng yang dimiliki hewan ini berfungsi untuk mengelabui mangsanya. Hewan ini
    berbeda dengan kucing rumahan karena harimau sangat suka berenang. Kijang, babi hutan, rusa adalah hewan yang sering diburu oleh harimau. 

    Didunia ini ada 9 spesies harimau, tiga diantaranya sudah punah. Berikut beberapa spesies harimau yang ada didunia ini.

    1. Harimau Benggala (Panthera trigis trigis)


    Harimau benggala tersebar di kawasan hutan dan padang rumput disekitar India, Bangladesh, Nepal, Bhutan dan Tiongkok. Sering di sebut harimau India. Diperkirakan jumlah harimau benggala sekitar 2.500 ekor.

    2. Harimau Indocina (Panthera trigis corbetti)


    Harimau indocina banyak terdapat di wilayah Malaysia, Kamboja, Tiongkok, Myanmar, Thailand, Laos dan Vietnam. Ukurannya lebih kecil daripada harimau benggala. Pada umumnya hewan ini tinggal di pegunungan dan perbukitan. Populasi harimau indocina diperkirakan sekitar 350 ekor.

    3. Harimau Siberia (Panthera tigris altaica)


    Harimau siberia merupakan harimau terbesar dalam spesiesnya. Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau amur, ussuri atau harimau manchuria. Habitatnya banyak tersebar di wilayah Cina, Korea utara, dan Asia tengah. Tahun 2005, hewan ini hanya tersisa sekitar kurang dari  400 ekor saja.

    4. Harimau cina selatan (Panthera tigris amoyensis)


    Harimau cina selatan yang biasa disebut dengan nama harimau amoy atau harimau xiamen merupakan spesies harimau yang terancam punah. Diperkirakan harimau cina selatan hanya sekitar 59 ekor. Habitat hewan ini berada dikawasan hutan hujan dan padang rumput dimana semuanya berada di cina.

    5. Harimau malaya (Panthera tigris jacksoni)


    Habitat hewan ini hanya ada di semenanjung Malaysia. Diperkirakan hanya ada sekitar 500 ekor spesies hewan ini. Harimau malaya dijadikan sebagai ikon nasional negara Malaysia.

    6. Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae)


    Harimau sumatera hanya bisa ditemukan di pulau Sumatera. Hewan ini juga merupakan hewan subspesies harimau terkecil. Banyak pemburu liar tidak bertanggung jawab yang telah memburu hewan ini sehingga diperkirakan hariamau sumatera hanya tinggal 400-500 ekor.

    7. Harimau kaspia (Panthera tigris virgata)

    Harimau kaspia telah punah sekitar tahun 1950an. Tersebar dikawasan Afganistan, Mongolia, Turki, dan Iran.

    8. Harimau jawa (Panthera tigris sondaica)

    Harimau jawa telah punah sekitar tahun 1972an. Sesuai namanya, harimau jawa hanya berkeliaran di pulau jawa.

    9. Harimau bali (Panthera tigris balica)

    Harimau bali telah punah sekitar tahun 1937an. Harimau bali berkeliaran hanya di pulau bali.

    Baca juga :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel