• Breaking News

    Tahukah anda? 9 Manfaat sarapan bagi kesehatan

    Sarapan pagi sangat penting bagi tubuh manusia. Selain berguna untuk menjaga stamina selama anda beraktifitas, sarapan pagi yang sehat ternyata dapat memperpanjang umur loh. Kok bisa? Sarapan pagi dapat mencukupi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh sekaligus menurunkan kadar kolesterol.
    Dengan sarapan pagi, stamina dan ketahanan tubuh akan meningkat. Bagi anda yang mempunyai masalah berat badan, sarapan pagi sangat efektif untuk mengontrol berat badan. Menurut sebuah penelitian, orang yang rutin sarapan pagi sebelum memulai aktifitas, memiliki peluang 50% tidak mengalami kegemukan daripada mereka yang melewatkan sarapan pagi.

    Anda yang berfikir bahwa sarapan tidak penting sungguh keliru. Bagi kesehatan, sarapan diketahui dapat menyehatkan tubuh. Bagi penderita mag, dengan menu sarapan yang baik akan mencegah penyakit ini karena lambung yang terisi makanan dipagi hari akan menetalisir asam lambung penyebab penyakit mag. Sarapan pagi memang memiliki manfaat yang sangat besar. Berikut ini beberapa manfaat sarapan bagi tubuh

    1. Meningkatkan kerja otak

    Sepanjang malam anda tertidur sehingga sama sekali tidak makan. Sedangkan otak membutuhkan pasokan gula darah (glukosa) sebagai bahan bakar. Kurangnya glukosa dapat mempengaruhi kerja otak sehingga anda akan mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. 

    Sebuah riset membuktikan bahwa pelajar yang selalu sarapan mencatat skor 22% lebih tinggi  ketimbang yang tidak sarapan. Ketika anda bangun pagi, glukosa telah habis terpakai untuk aktifitas sehari sebelumnya. Sehingga sarapan pagi sangat penting bagi kerja otak anda, 

    2. Menyehatkan jantung

    Sarapan pagi sangat membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit diabetes dan menurunkan tekanan darah.Orang yang melewatkan sarapan pagi cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. Sedangkan bagi yang sarapan, akan mendapatkan serat yang baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung.

    3. Mengurangi sindrom metabolik

    Sajian menu lengkap sarapan pagi yang sehat akan membantu mencegah gangguan sindrom metabolik, seperti obesitas dan resistansi insulin.

    4. Memenuhi nutrisi yang dibutuhkan

    Sarapan pagi yang sehat akan membuat anda memperoleh nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Sedangkan anda yang melewatkan sarapan akan mengalami kelelahan pada saat bekerja karena nutrisi yang dibutuhkn tidak terpenuhi.

    5. Mendapatkan nutrisi esensial

    Melewatkan sarapan akan merugikan bagi tubuh anda. Padahal tubuh memerlukan nutrisi esensial yang bisa didapat dari menu makanan seperti sereal,susu atau yoghurt yang memiliki kandungan folat, zat besi dan serat yang diperlukan untuk kesehatan.

    6. Menyehatkan kulit

    Mengkonsumsi telur saat sarapan akan menyehatkan kulit anda. Satu butir trlur sehari cukup memenuhi kebutuhan letuin sebesar 26%. Letuin yang terkandung dalam telur membantu kulit menjadi kenyal dan akan melindungi sel-sel kulit dari kerusakan radikal bebas.

    7. Menstabilkan tingkat energi

    Memulai hari dengan sarapan yang banyak mengandung karbohidrat, protein dan serat akan meningkatkan energi dalam tubuh. Saran dapat menyimpan glikogen baru untuk membentuk energi sehingga akan tebentuk sekitar 25%

    8. Menjaga nafsu makan

    Hubungan emosional pada makanan dapat membuat anda selalu ingin makan sehingga akan berpengaruh terhadap berat badan anda. Ketika anda melewatkan sarapan, makan siang akan anda konsumsi secara berlebihan karena kebutuhan yang belum anda dapatkan dipagi hari. Dengan sarapan, anda mengupayakan untuk mencegah makan berlebihan disiang hari.

    9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Menurut sebuah penelitian, sarapan dapt meningkatkan hormon glikoprotein sebagai yang berfungsi sebagai antivirus alami yang secara langsung dapat mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.

    Nah, bagaimana dengan anda, masihkah mau melewatkan sarapan?

    3 komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel