• Breaking News

    7 kebiasaan setelah makan yang harus kita dihindari

          Makan adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling pokok. Tujuan utama orang bekerja dan mendapatkan upah karena makan. Oleh karenaa itu, makan memang sangat diperlukan untuk tubuh untuk mendapatkan energi, untuk masa pertumbuhan dan yang pasti untuk mempertahankan hidup. Namun demikian, kita harus memilah-milah makanan yang baik untuk tubuh kita. Kita tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan apalagi bagi yang mempunyai penyakit tertentu.


          Masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan yang berbeda setelah makan. Makan yang dimaksud disini ialah makan makanan yang berat seperti nasi beserta lauk pauknya. Ada kebiasaan minum teh setelah makan, ada juga yang minum air terlalu banyak karena kebiasaan orang indonesia yang suka makan pedas. Kebiasaan merokok juga menjadi favorit kalangan perokok. Sementara yang lain, tidur menjadi pilihan setelah makan karena merasa kekenyangan.

          Kebiasaan-kebiasaan setelah makan seperti itu tidak semuanya baik. Pastinya jika dilakukan secara terus-menerus akan menimbulkan masalah bagi kesehatan kita. Berikut beberapa kebiasaan yang tidak boleh dilakukan setelah makan :

    1.   Merokok

          Menurut para ahli, merokok satu batang setelah makan sama halnya dengan merokok sepuluh batang. Walaupun ini masih menjadi perdebatan. Tetapi sebenarnya kebiasaan merokok setelah makan atau merokok di waktu lain tetap saja rokok memang tidak baik bagi kesehatan bukan.

    2.   Tidur

          Saat kita tidur, makanan yang di konsumsi akan sangat lambat di cerna oleh organ pencernaan. Kebiasaan setelah makan langsung tidur akan membuat perut terasa tidak nyaman. Sebaiknya tunggu 1-2 jam setelah makan jika ingin tidur. Memberi kesempatan organ pencernaan memproses makanan.

    3.   Makan buah

          Mengkonsumsi buah setelah makan akan membuat perut kita terasa kembung. Kenapa? karena buah akan terfementasi dan menjadi gas/udara. Kebiasaan seperti ini juga malah membuat kita berlebihan dalam menkonsumsi makanan. Sebaiknya makanlah buah 1 atau 2 jam sebelum maupun setelah makan.

    4.   Minum teh

          Minum teh sudah menjadi tradisi masyarkat indonesia. Namun tahukah, kebiasaan minum teh bisa menghambat proses pencernaan. Daun teh bersifat asam sehingga akan mengganggu proses pencernaan. Teh juga mengandung polifenol dan tanin yang akan mengikat zat besi dalam makanan akan sulit terserap tubuh.

    5.   Minum terlalu banyak

          Kebiasaan orang indonesia yang suka mengkonsumsi makanan pedas  membuat kita minum terlalu banyak air. Sehingga membuat asam lambung dan enzim menjadi lebih encer dan akan susah untuk mencerna makanan. Sebaiknya ganti minum terlalu banyak air dengan minuman hangat. Karena minuman hanyak akan meredakan rasa pedas. Minuman hangat akan membantu proses pencernaan lebih baik.

    6.   Olahraga

          Berolahraga setelah makan akan membuat organ pencernaan tidak bisa bekerja secara optimal. Sehingga kita akan merasakan pusing, kram perut atau malah diare.
    Sebaiknya tunggu satu atau dua jam setelah makan baru berolahraga untuk memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

    7.   Mandi

          Mandi setelah makan akan membuat tubuh terasa panas dana akan memberatkan aliran darah. Proses pencernaan akan terpengaruh karena organ pencernaan membutuhkan energi untuk mengalirkan darah ke perut.

           Nah, itu beberapa kebiasaan yang harus dihindari setelah kita makan. Bagi saya sendiri merokok setelah makan menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Bagaimana dengan kalian sobat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua

    Terima kasih


    4 komentar:

    1. Wah... sya sering merokok, tidur, mandi

      BalasHapus
    2. Wadhuuh... Setiap pagi tuh saya habis makan langsung deh minum teh.. KUMAHA IEU..?
      @

      BalasHapus
    3. mas akbar... merokok terlalu banyak tidak baik loh untuk kesehatan

      BalasHapus
    4. KTB.... hahahahha.... kalo bisa kasih tenggat waktu gan antara makan dan minum teh

      BalasHapus

    Fashion

    Beauty

    Travel