• Breaking News

    Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Magelang

          Salam sobat, sebelum saya memperkenalkan tempat wisata di Magelang. Saya akan memperkenalkan secara singkat wilayah magelang. Magelang adalah sebuah kota dan kabupaten berada di wilayah provinsi Jawa Tengah. Magelang berbatasan dengan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Purworejo disebelah selatan, Kabupaten Semarang di utara, dan disebelah barat berbatasan dengan kabupaten Temanggung dan Wonosobo serta berbatasan dengan Salatiga dan Kabupaten Boyolali disebelah timur. Sebagian besar daerah di kabupaten magelang adalah pegunungan seperti gunung merapi, merbabu, sumbing, sundoro, andong, dan beberapa perbukitan lain. Bahkan di kota magelang juga terdapat bukit Tidar. sehingga daerah di magelang terkenal dengan udaranya yang sejuk.


          Di Magelang, terdapat beberapa wisata alam, wisata keluarga dan wisata bersejarah. salah satunya candi Borobudur, candi Budha terbesar yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat indonesia. Berikut beberapa wisata yang wajib di kunjungi jika anda sedang berkunjung di Magelang :

    1. Candi Borobudur


          Sebuah karya peninggalan dari raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram kuno dari dinasti Syailendra pada abad ke 9 yang sampai sekarang masih berdiri kokok dan menjadi warisan bersejarah. Di komplek candi ini terdapat 1460 relief dan 504 stupa. Candi ini ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia. Turis dalam negeri dan luar negeri sangat antusias ketika mengunjungi candi Budha terbesar ini.


          Untuk dapat menikmati indahnya candi Borobudur tidaklah sulit, dapat dijangkau dengan kendaraan kecil maupun besar. Bahkan untuk beberapa turis diluar daerah maupun dari luar negeri bisa mengikuti paket wisata jogja karena memang wisata ke Borobudur biasa dijadikan satu paket dengan wisata jogja. Tiket untuk masuk ke komplek wisata ini 30 ribu untuk dewasa dan anak-anak 12.500 rupiah.  Jika anda ingin membawa oleh-oleh, bisa membeli di sekitar jalan masuk sebelum memasuki candi. Ada banyak pilihan oleh-oleh khas candi Borobudur seperti T-shirt borobudur, Miniatur candi yang terbuat dari kayu maupun dari batu dan beberapa pernak-pernik menarik lainnya. Beberapa kilometer dari candi juga terdapat candi Mendut. Jika anda mengunjungi candi Borobudur, tidak ada salahnya mengunjungi candi mendut.

    2. Taman Kyai Langgeng


          Sebuah taman wisata keluarga ini terdapat di kota magelang, tepatnya di jalan Cempaka, sebelah barat pinggiran kota magelang dengan luas 28 hektar. Taman Kyai langgeng menyajikan banyak sekali aneka tanaman langka, patung dinosaurus dalam bentuk asli, kolam renang, prototite pesawat terbang dan juga bebagai tempat permainan anak-anak serta tempat bersantai yang pas untuk keluarga karena banyaknya pepohonan hijau yang menghiasi taman ini. Pada hari libur, akan ada pameran atraksi kesenian daerah dan musik. Bagi anda yang menyukai petualangan, Terdapat juga wisata arum jeram Progo Asri, Anda  akan menikmati indahnya suasana pedesaan ditepi sungai progo sepanjang 9 km yang dipandu oleh pemandu berpengalaman.  Anda akan mendapat fasilitas seperti makan, asuransi dan transportasi untuk kembali ke tempat pemberangkatan


    3. Alun-alun kota Magelang

          Sebuah patung Pangeran Diponegoro sedang menunggangi kuda menyambut anda ketika mengunjungi alun-alun kota Magelang. Alun-alun ini menjadi sebuah tempat wisata populer di kota magelang karena letaknya yang sangat strategis di pusat kota. Disana juga terdapat menara air setinggi 15 meter yang didirikan pada jaman penjajahan Belanda.  Sangat menyenangkan ketika bersantai disana sambil menikmati kuliner di pinggir alun-alun. Jika anda ingin beristirahat untuk bersembahyang, di sebelah barat alun-alun terdapat masjid terbesar dikota magelang yang sering di sebut daerah Kauman.Anda juga dapat mengunjungi tempat perbelanjaan di sebelah utara dan timur alun-alun dan juga merupakan jalur ke pusat perbelanjaan Pecinan/jl Pemuda yang mengarah ke sebelah selatan. Untuk mengetahui sejarah pembuatan alun-alun bisa anda simak disini SEJARAH KOTA MAGELANG: KOTA TERTUA KEDUA DI INDONESIA

    4.   Ketep Pass

           Ketep Pass atau biasa disebut Gardu Pandang, terletak di desa Ketep, kecamatan Sawangan, kabupaten magelang. Untuk menuju ke tempat wisata ini anda akan menikmati indahnya pemandangan dataran tinggi selama perjalanan. Untuk dapat masuk ke tempat wisata ini, anda cukup membayar 7.500 rupiah. Wisata Ketep Pass menyuguhkan pemandangan pegunungan merapi dan merbabu yang terdapat hamparan pertanian yang akan cocok digunakan sebagai tempat untuk berfoto.

          Jika anda ingin menyaksikan lelehan awan panas gunung merapi, Ketep Pass menjadi tempat ideal untuk melihatnya. Disana disediakan teropong yang bisa anda sewa cukup dengan merogoh kocek 3 ribu rupiah. Terdapat juga museum vulkanologi serta bioskop mini.

    5.   Air terjun Kedung Kayang

          Air terjun Kedung Kayang bisa menjadi paket wisata setelah mengunjungi Ketep Pass karena hanya berjarak 3 km. Air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini, sangat asyik untuk dikunjungi ditambah aliran air yang deras dan sangat dingin menambah. Anda hanya membayar 2500 rupiah untuk tiket masuk ke twmpat wisata ini. disana anda bisa berjalan dibawah air terjun serta berfoto dengan latar pemandangan alam.


    6.   Taman air Kalibening

          Wahana taman air sabda alam Kalibening dapat melengkapi tujuan wisata anda saat berkunjung di Magelang. twmpat wisata ini berada di desa kalibening, kecamatan Secang, kabupaten Magelang. Dengan luas kurang lebih 2008 meter persegi anda akan menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak, papan luncur spiral dan nampan tumpah, silinder dan tubies, club house, arena outbond, meeting room, restoran, panggung terbuka dan masih banyak lagiyang rencananya akan mempunyai 27 wahana air. Untuk dapat memasuki tempat wisata ini, anda harus membayar tiket 20.000 rupiah. Sumber air yang masih murni dari alam, pemandangan perbukitan, perkebunan dan pemandian alami serta dipadukan dengan wahana modern akan memberikan kenyamanan bagi anda untuk melepas segala kepenatan.

    7.   Tempat wisata lain

          Di magelang masih terdapat banyak tempat wisata lain yang tak kalah seru. Jika anda ingin mengunjungi wisata sejarah, musium Diponegoro, musium Borobodur, candi Pawon, candi Gunung Wukir dan  candi Umbul bisa menjadi alternatif lain. Sementara jika anda ingin berwisata alam, bisa mengunjungi air terjun Sekar langit, air terjun Silawe,tempat pendakian gunung merbabu dan gunung Sumbing, perbukitan Menoreh.

          Demikian  tempat wisata yang wajib dikunjungi saat anda di Magelang. Semoga bisa menjadi pertimbangan untuk daftar tempat wisata yang akan anda kunjungi saat liburan nanti.

    Terima kasih....

    Artikel terkait :








    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel