• Breaking News

    Nabi Muhammad SAW : Tokoh Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah Umat Manusia

    Nabi Muhammad SAW ditempatkan sebagai tokoh nomor satu yang paling berpengaruh sepanjang sejarah umat manusia oleh Michael Hart dalam bukunya yang bertajuk "The 100: A Rangking of the Most Influential Person in History'.  Sedangkan Yesus Kristus yang mempunyai penganut agama paling besar didunia malah hanya menempati urutan ketiga. Mengapa?



    Penempatan ini tentu bukan tanpa alasan. Apalagi yang menempatkannya ialah tokoh non muslim. Michael Hart adalah seorang ilmuwan Amerika ternama di bidang astronomi dan geometri. Dia bekerja di NASA atau badan antariksa Amerika dan menamatkan studi bidang matematika di Universitas New York pada 1958, Michael Hart mendapat gelar master bidang sains di Universitas Philadelphia, sedangkan gelar doktor bidang astronomi diperoleh dari Universitas Princeton pada 1972. Michael Hart banyak melakukan riset ilmiah tentang tokoh-tokoh besar dunia. Dia juga banyak menulis karya dan salah satunya yang populer adalah 100 manusia paling berpengaruh di dunia.

    Jatuhnya pilihan saya kepada nabi Muhammad SAW dalam urutan pertama daftar 100 orang yang berpengaruh di dunia mungkin mengejutkan pembaca dan mungkin jadi tanda tanya sebagian yang lain. Tapi saya berpegang pada keyakinan saya, nabi Muhammad SAW satu-satunya manusia dalam sejarah yang berhasil meraih sukses-sukses luar biasa baik ditilik dari ukuran agama maupun ruang lingkup duniawi." inilah alasan yang di kemukakan oleh Michael Hart.

    Yang paling berpengaruh dari Nabi Muhammad SAW ialah dalam penyebaran agama Islam yang pengaruhnya luar biasa besar terhadap para pemeluknya. Bahkan, setelah empat belas abad kepergian nabi Muhammad SAW, pengaruhnya tetap kuat dan pengikutnya terus bertambah. Meski umat Islam pemeluknya hanya separuhnya pemeluk Kristen (menurut data saat buku Michael Hart dibuat), namun banyak faktor yang membuat nabi Muhammad SAW pantas ditempatkan pada posisi pertama sebagai orang paling berpengaruh sepanjang sejarah umat manusia. Fakta membuktikan bahwa agama Islam memang mengalami perkembangan yang sangat pesat bahkan dalam waktu dekat bisa menyalip agama kristen dalam hal jumlah pemeluk terbanyak.

    Kesaksian Michael Hart tentang alasannya menempatkan Nabi Muhammad saw di peringkat pertama dalam bukunya  "The 100: A Rangking of the Most Influential Person in History" adalah sebagai berikut :

    Seseorang yang meraih keberhasilan spektakuler

    Pertama, nabi Muhammad SAW memainkan peranan jauh lebih penting dalam pengembangan Islam ketimbang peranan Yesus Kristus terhadap agama Nasrani. Walaupun Yesus Kristus bertanggung jawab terhadap ajaran pokok moral dan etika Kristen, Saint Paul (Santo Paulus) memegang peran utama dalam mengembangkan ilmu ketuhanan dan pembuat dasar baru penyebaran agama Kristen serta penulis utama sebagian besar Kitab Perjanjian Baru. Di samping itu, nabi Muhammad SAW lahir di tempat yang bukan termasuk pusat peradaban dunia, sebab saat itu Makkah masih terbelakang dari segi ilmu pengetahuan, perdagangan, dan kesenian.  Tetapi beliau mampu mempersatukan wilayah Irak hingga Maroko ke dalam satu bahasa, sejarah dan budaya Arab.

    Seorang pemimpin politik terbesar dan terhebat

    Kedua, kepemimpinan nabi Muhammad SAW saat sudah dapat menyatukan jazirah arab, kita bisa melihat bahwa beliau juga seorang politikus terbesar dan kepala pemerintahan terhebat dalam sejarah manusia. Bahkan saat beliau sudah wafat, wilayah kekuasaan Islam makin bertambah  luas dan besar. Namun,  tidak satu pun yang mengklaim keberhasilan penyebaran panji-panji Islam itu atas nama pribadi mereka masing-masing karena mereka tau bahwa nabi Muhammadlah yang telah menyatukan semua wilayah kekuasaan Islam

    Seorang pemimpin agama dan duniawi

    Ketiga, Pengaruh besar nabi Muhammad SAW sanagt besar hingga sekarang ini, walau ada sedikit riak perselisihan politik pragmatisme di antara sesama negara Arab dan juga perselisihan antara perbedaan paham ajaran agama islam.

    Michael Hart menuturkan bahwa sinergi antara agama dan dunia yang sangat brilian yang diajarkan Muhammad serta keteladanan beliau dalam setiap hal menggambarkan kepribadian beliau yang suci dan sangat patut dicontoh. Itulah yang membuat Michael Hart memilih nabi Muhammad SAW sebagai tokoh pertama di antara deretan nama manusia yang paling berpengaruh di dunia yang pernah ada dalam sejarah umat manusia di muka bumi ini.

    Nah bagi saudara muslim, masihkah kalian mengidolakan orang lain setelah kalian membaca ini. selamat membaca dan semoga bermanfaat.

    Terima kasih

    Baca juga :


    1 komentar:

    Fashion

    Beauty

    Travel