• Breaking News

    Bangun pagi : 6 Manfaat bangun lebih pagi


    Salam sobat, Bangun lebih pagi. Sepertinya kata-kata itu selalu menjadi momok bagi sebagian orang didunia ini. Apalagi mereka yang masih sekolah atau masih serumah dengan orang tua. Di saat hari libur pun masih harus bangun pagi. Marah, sebel dan jengkel rasanya bukan? Tapi mau dikata apa. Nggak mungkin kita melawan orang tua kita hanya karena masalah bangun pagi.

    Orang tua selalu bilang le, nek tangi awan engko rejekine di pangan pitik. (Nak, kalau bangun siang rezekinya di makan ayam) Itu semboyan orang jawa yang selalu saya dengar dari orang tua.


    Tahukah kalian, bangun pagi memberikan banyak sekali manfaat untuk kita. Kita akan mendapatkan tubuh yang lebih fresh dengan udara pagi yang masih bebas dari polusi dan kita juga bisa mengatur rencana sepanjang hari. 

    Berikut 7 manfaat bangun lebih pagi. Jika kita menerapkannya maka akan dapat mengubah hidup kita menjadi lebih baik. Simak yuk.

    1.   Shalat subuh

    Bukankah bagi orang Islam diwajibkan shalat subuh? Nah manfaat pertama jika kita bangun lebih awal adalah kita bisa sholat subuh. Mengawali hari dengan sholat dan berdoa kepada Allah SWT akan membuat kita merasa tenang. Nah, jika sholat subuh menjadi rutinitas, otomatis kita akan terus  bangun lebih pagi.

    2.   Bermanfaat untuk kesehatan

    Menghirup udara di pagi hari akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Udara pagi mempunyai tingkat polusi rendah sehingga akan meningkatkan daya tahan tubuh dan juga kerja otak kita. Sinar matahari di pagi hari juga sangat bagus untuk tulang kita dan membuat kulit kita kencang serta mencegah penuaan dini. Jadi masih beratkah kita buat bangun pagi.

    3.   Waktu yang tepat untuk olahraga

    Bangun pagi memberikan waktu kita untuk berolahara. Menurut para ahli, olahraga di pagi hari sangat efektif untuk membakar cadangan lemak yang ada ditubuh kita. Bagi yang berniat menurunkan berat badan, olahraga pagi akan sangat cocok untuk dilakukan sebagai rutinitas. Jalan kaki, berlari-lari kecil, senam ataupun kardio bisa menjadi pilihan kita buat olahraga dipagi hari. Olahraga di pagi hari juga tidak akan membuat badan kita lemas. Malah tubuh kita akan lebih segar karena peredaran darah berjalan dengan lancar.

    4.   Meningkatkan kinerja sehari-hari

    Jika kita bangun pagi tentu kita akan merasakan hari lebih panjang. Kita bisa mempersiapkan segala sesuatu untuk keperluan sepanjang hari.  Kita juga tidak akan merasa terburu-buru untuk memulai aktifitas.  Jika ada perkerjaan yang belum terselesaikan, cobalah  tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Akan menjadi pilihan tepat untuk  menyelesaikan pekerjaan yang tertunda dengan lebih cepat. Selain itu, kita juga bisa tepat waktu datang ke sekolah maupun ketempat kerja.

    5.  Waktu tepat untuk berfikir

    Keheningan pagi akan memberikan waktu untuk berfikir lebih jernih. Jika kita mempunyai problem atau masalah coba berfikir di pagi hari. Semua akan terasa lebih mudah untuk berfikir dan mencari solusi yang tepat. Bagi anak sekolah, belajar dipagi hari akan lebih masuk ke otak. Apalagi kalo menghafalkan rumus-rumus yang begitu sulit.

    6. Terbiasa untuk sarapan

    Bangun lebih pagi akan memberikan waktu untuk sarapan. Setelah kita melaksanakan sholat subuh, menghirup udara segar, berolahraga ataupun mengerjakan tugas yang belum terselesaikan. Sarapan menjadi kegiatan terakhir sebelum kita memulai aktifitas sepanjang hari. 

    Sarapan memberi banyak manfaat untuk tubuh. Jika kita tidak sarapan, metabolisme akan melambat  sehingga akan membuat seseorang makan dalam porsi yang lebih besar pada siang dan malam hari. jadi bagi yang ingin menurunkan berat badan lebih baik untuk sarapan terlebih dahulu dalam porsi kecil.


    Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua. Namun, manfaat bangun lebih pagi ini tidak bisa dirasakan oleh sebagian orang yang mempunyai pekerjaan tertentu seperti perawat, bidan, dokter, pekerja pembangkit listrik, polisi, militer dan pekerjaan lain karena terkendala oleh tugas dan tanggung jawab mereka. Jadi bagi kalian yang bisa melakukan aktifitas dipagi hari, manfaatkanlah dengan bangun di pagi hari. Selamat membaca..

    Terima kasih.....

    Baca juga artikel ini :


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Travel